YouTube - Berbagi Video


Di dunia internet, istilah video tak pernah lepas dari website berbagi video bernama YouTube, bukan yuo tube, bukan you tobe juga bukan yutub, namun yang benar adalah YouTube. Kepopulerannya sebagai tempat berbagi video online tak jarang dimanfaatkan orang untuk berekspresi melalui video dan menunjukkan bakat beberapa pihak maupun individu. Shinta Jojo, Briptu Norman, Udin Sedunia, bahkan sampai Justin Bibier melejit namanya dan dikenal banyak orang lewat YouTube serta menjadi awal kepopuleran mereka. Sebagian dari mereka pun menjadi selebritis terkenal hingga sekarang.

Dengan selogan YouTube - Broadcast Yourself memungkinkan seseorang untuk mengunggah/upload video dengan cara yang mudah, berbagi video kepada seluruh dunia, dan itu semua diimbangi dengan cara daftar di YouTube yang begitu mudah pula. Video yang sudah di upload tadi dengan mudah akan ditemukan oleh orang-orang dari berbagai belahan dunia manapun. Semua kemudahan itulah yang sering dimanfaatkan sebagaian orang untuk mencapai kepopuleran secara instant.

YouTube

Aneka ragam kumpulan vidio video banyak ditemukan di YouTube, mulai dari video lucu, video unik, video aneh, video music, video lagu, bahkan sampai cuplikan film sekalipun ada di YouTube. Situs berbagi video ini pun tak jarang menjadi sumber referensi yang dipakai oleh program acara tv untuk menampilkan video pendukung dalam menyajikan acara, berita dan hiburan dengan label Courtesy of YouTube dibagian dibawah layar kaca stasiun tv.

Sejarah atau riwayat berdirinya situs video sharing YouTube berawal pada Februari 2005 ketika 3 eks karyawan PayPal bersama-sama mendirikan situs berbagi video. 3 sosok cerdas dari Amerika yang memiliki andil besar lahirnya situs berbagi video YouTube adalah Chad Hurley, Jawed Karim, dan Steve Chen. Hingga pada akhirnya Google membeli YouTube pada Oktober 2006.

Website berbagi video yang beralamat di http://www.youtube.com/ ini kini menjadi situs ketiga yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna internet diseluruh dunia. Menjadi media yang paling pas untuk berbagi video dengan orang lain dan menjadi tempat yang paling cocok untuk menyimpan video secara gratis, tanpa dipungut biaya sepeserpun. Apalgi semenjak di kelola oleh Google, YouTube menjadi semakin tersohor dan lebih terjaga keabsahannya.